MAKALAH
BISNIS
ONLINE Ebby_Shop
Matakuliah
Pengantar
Ekonomi, Manajemen & Bisnis
Disusun
oleh
Isti
Komariah (1312503061)
Dosen
Drs.
Djati Kusdiarto, M.M
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA
TAHUN 2014/1015
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena
rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul. ”Bisnis Online
ebby_shop” Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Ekonomi Manajemen dan bisnis.
Meskipun
dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menemukan hambatan dan kesulitan,
tetapi karena motivasi dan dorongan dari berbagai pihak makalah ini dapat
terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa pada penulisan makalah
ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan
sumbang saran dan keritik dari semua pihak yang membaca makalah ini yang
sifatnya membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Harapan penulis semoga makalah ini bermanfaat
bagi semua pihak yang membacanya. Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih
kepada semua pihak atas dukungannya sehingga terwujudnya makalah ini.
Jakarta , 11 Juni 2015
Penulis
Di
zaman yang modern sekarang ini, Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita
lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan
semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur–fitur sosial media yang mudah
diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam
berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang
jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani
sehari- hari.
Dengan
tersedianya fasilitas–fasilitas sosial media yang semakin memudahkan kita tidak
hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini jelas menarik keinginan
para produsen atau afiliate (
perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang
usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya
bermodalkan smartphone yang kita
gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin
luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada
konsumen termasuk dalam interaksi jual beli.
Saat
ini ada satu tren yang sedang
mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online
shop. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa
kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali
‘klik’ saja.
Online Shop
terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang
besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan
Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan
kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin
mencoba mengaplikasikan apa yg telah dipelajari selama ini dengan menggabungkan
kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat
membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi masing–masing terlebih dahulu. dimana
internet sedang maju dengan pesat bahkan
sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
1.
Apakah
pengertian bisnis?
2.
Apakah
tujuan Bisnis?
3.
Apa
pengertian Online Shop?
4.
Apa
kelebihan dan kekurangan online shop?
1.3
Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk
mengetahui pengertian bisnis, tujuan bisnis, pengrtian online shop, kelebihan serta kekurangannya
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan
produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan,
tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan
yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat,
yaitu :
1.
Modal
(Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan
kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.
Bahan-bahan
(Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
3.
Sumber
Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan
kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.
Keterampilan
Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan
prosedur dan tata kerja manajemen
Menurut
Didit Agus Irwantoko, belanja online
(online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke
penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang
atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tidak perlu harus bertemu penjual dan pembeli
secara langsung, tidak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan
menghadap layar monitor komputer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat
melakukan transaksi jual-beli secara cepat dan nyaman.
Hasil
survei terakhir Desember 2011 menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survei yang dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen
dalam berbelanja melalui online
tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6
Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia-Pasifik—Thailand, Cina, Jepang,
Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia,
Singapura, India, Filipina juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku
berbelanja online terhadap 7.373
responden dari 14 negara
catatan: hasil survei dan
laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (Dunia UKM, 2012).
Di
Indonesia sendiri, belanja online
atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana.
Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual atau di beli. Media sosial ini merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin
mudah terjadi.
a.
Menentukan
Jenis Barang /Jasa yang akan kita jual
Langkah
pertama dalam memulai usaha online adalah
menentukan jenis barang atau jasa yang
akan kita jual. Jangan lupa untuk mempelajari tentang barang atau jasa yang
akan kita jual. Pelajari benefit dan
juga kekurangan jenis barang atau jasa
yang akan kita pasarkan.
b.
Melakukan
Survei Pasar
Untuk
memulai produk fashion
diperlukan adanya analisis pasar terlebih dahulu, selera konsumen yang
berubah-ubah dan berbeda memang dikatakan hampir tidak bisa kita samakan
dengan selera konsumen yang satu dengan yang lain. Namun strategi yang
bisa kita ambil ialah mengintip selera mana yang di dominasi oleh pasar saat
ini bisa jadi masukan untuk kita mengetahui apa selera konsumen.
Dalam
usaha online, survei usaha tidak perlu dilakukan dengan cara membagi – bagikan sample, namun cukup dengan cara
mengamati trend kesukaan serta minat
masyarakat atas barang / jasa yang akan kita jual. Bila perlu, amati permintaan
pasar selama beberapa bulan sebelum kita launching
usaha online kita.
Pastikan
anda bisa melihat trend pasar saat
ini, apa saja yag dibutuhkan oleh para konsumen saat ini, model apa saja yang
banyak dicari atau sedang booming di
pasaran saat ini. Sebaiknya kita harus jeli dan mengikuti trend pasar yang berubah-ubah setiap harinya.
c.
Pastikan
Ketersediaan Suplai Barang atau Jasa
Biasanya
konsumen merasa puas dengan ketersedian barang yang selalu ada. Pastikan anda
bisa menjadi salah satu situs online
shop terlengkap untuk memenuhi keutuhan para konsumen. Ini sangat penting
untuk diperhatikan. Bila kita memproduksi sendiri, kita harus bisa menghitung
berapa kapasitas produksi kita dalam suatu waktu tertentu. Bila ternyata kita
memperoleh barang dari supplier, kita
harus sudah mengetahui betul berapa kemampuan suplai supplier kita tersebut. Jangan sampai terjadi kekosongan stok dalam
waktu yang lama.
d.
Membuat
konsep Usaha
Dengan
membuat sebuah konsep usaha sebelum kita memulai usaha online, akan membuat langkah kita tidak banyak melenceng dari
konsep awal. Kita harus sudah memiliki konsep tentang layout toko online kita,
cara pemesanan, metode pembayaran, dll.
e.
Daya Beli Konsumen
Perhatikan juga daya beli konsumen, jangan
menjual produk terlalu mahal, kondisikan kemampuan ekonomi masyarakat
kita saat ini. Kebayakan konsumen menginginkan kualitas yang bagus dengan harga
yang murah, paling tidak kita bisa mengikuti daya beli konsumen terhadap produk
yang nantinya akan kita jual.
f.
Aktif
Melakukan Promosi
Karena
kita berkecimpung dalam usaha online,
maka langkah promosi yang harus kita lakukan juga dilakukan di dunia maya.
Lakukan promosi di situs jual beli terpercaya, rajin mengupdate isi facebook,twitter dan sebagainya adalah
langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mempromosikan usaha online kita.
1.
Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer
atau laptop yang terhubung ke internet,dan tidak terfokus pada waktu.Kerja bisa
santai,tidak seperti kerja di perkantoran yang melelahkan
2.
Modal yang dibutuhkan relatif lebih
sedikit
3.
Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan
software tertentu
4.
Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
5.
Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.
1. Koneksi
Internet yang mahal
2. Kurva
pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih
kesuksesan bisnis online.
3. Awal-awal
tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak
waktu bersama keluarga.
4. Kuper is not cool.
Jangan lupa terapkan ilmu anti kuper dan anti mati gaya.
5. Terlalu
banyak pilihan bisa membuat kita bingung untuk memilih yang mana.
6. Sulitnya
membangun kepercayaan dengan customer.
Saat
ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop
fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar-besaran, komentar positif yang
tertera pada toko online tersebut,
belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi
bagi kita yang masih ragu dengan belanja online
(online shop) ini.
Berikut
tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :
1. Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko
tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut
fiktif atau tidak.
2.
Tanyakan
apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi
COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
3.
Bila
lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan
menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan
rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4. Coba cari nomer telepon yang tertera di toko
tersebut di Google. Biasanya dengan
begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah
ditipu.
Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi,
kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat
mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.
Adapun langkah-langkah
penyusunannya adalah sebagai berikut:
1.
Menentukan
topik yang akan dibahas.
2.
Setelah
itu penyusun merumuskan masalah.
3.
Mengumpulkan
data, dengan cara browsing melalui internet dan observasi kepada pemilik usaha online shop.
Setelah tahap-tahap sebagaimana
diuraikan diatas, maka langkah
selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat
dikomunikasikan
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Hasil
penelitian yang didapat adalah :
a.
Nama
Usaha
Usaha yang telah dikembangkan diberi nama “ebby_shop” .
b.
Modal
Ebby_shop
tidak menggunakan modal sama sekali, karena semua yang akan di gunakan dalam menjalankan usaha online ini
adalah hal – hal atau barang-barang yang sudah digunakan untuk keperluan lain
sebelumnya. Misalnya Blackberry
Smartphone, Laptop atau Komputer, Modem atau koneksi jaringan internet,
pulsa, account tabungan pada salah
satu bank, dll.
c.
Rencana
Lokasi Usaha
Dengan
pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan oleh
satu nama merk handpone yang memproduksi smartphone. Dalam kasus ini ialah Blackberry Smartphone. Pembuatan account
pada sosial media lainnya seperti facebook,
twitter, atau kita juga dapat membuat website
khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi semakin banyak atau
melebihi batas maximum group pada Blackberry
Smartphone.
d.
Target
Pelanggan.
Target
pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak
blackberry messenger kita. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung
dalam situs jejaring social lainnya.
e.
Jenis-jenis
Produk
Jenis produk yang telah
dijalani adalah :
1.
Penjualan
pakaian
2.
Penjualan
Pants
3.
Penjualan
Bags
4.
Penjualan
Jam
5.
Penjualan
Garskin
6.
Penjualan
Sunglasses
7.
Penjualan
Accessories
8.
Dan
lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
f.
Mulai
Usaha
Dalam
menjalankan usaha online shop ini tidak
memerlukan waktu khusus dalam mengerjakannya. Karena dapat dilakukan dimanapun
dan kapanun tanpa menggangu perkuliahan ataupun aktivitas yang lain.
g.
Perangkat
Keras dan Lunak
Perangkat keras yang akan
digunakan dalam usaha ini adalah :
1.
Blackberry Smartphone.
2.
Laptop
atau komputer ( jika diperlukan ).
3.
Koneksi
internet.
4.
M-banking
tau E-banking .
h.
Keuntungan
atau Laba
Laba
dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinan
ialah Rp. 15.000,00 – Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya barang
yang terjual selama satu bulan tersebut.
Pembagian Hasil.
Kebanyakan
dalam pembuaatan usaha online shop
jenis ini ialah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak manapun
dalam usaha online shop ini. Karena
laba atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya
maksimal pembuatan usaha online ini
hanya 2 orang saja. Dengan begitu pembagian hasilnya dapat dilakukan pada akhir
tahun atau sesuai dengan kesepakatan waktu pembagian hasil yang dilakukan
diawal, prosentasenya yaitu sebesar 50% : 50%.
i.
Surat
Perjanjian.
Dalam
awal menjalankan usaha online shop
ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja,
tidak ada surat perjanjian dalam usaha online
shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal
dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk
mendapatkan jaminan hukum.
j.
Strategi
Pemasaran.
Strategi yang akan kami
jalankan pada usaha online shop ini
antara lain :
1.
Menampilkan
barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat
barang yang kita tawarkan.
2.
Memberikan
pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
3.
Memberikan
discount atau potongan harga jika
membeli dalam jumlah banyak.
4.
Memberikan
discount khusus kepada pembeli atau
pelanggan setia.
5.
Menyediakan
fasilitas pembayaran yang lengkap.
6.
Menyediakan
fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.
k.
Konsep
Pemasaran
Ebby_shop ini menerapkan Konsep
Pemasaran “Berwawasan Menjual”
dengan menggunakan sistem payment yang artinya “ada uang ada barang” Kami
beranggapan bahwa, kami akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami
tidak akan membeli produk kami dalam jumlah cukup banyak sehingga kami harus
melakukan strategi penjualan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.
l.
Rencana
Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang.
1.
Rencana
Jangka Pendek.
Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan
cara menyebarkan selebaran dan memasang spanduk atau menempelkan
reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang.
2.
Rencana
Jangka Menengah.
Mengadakan diskon atau potongan harga.
Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat
menaikkan pasar.
3.
Rencana
Jangka Panjang
Pembanguan Butik
Keunggulan dari pembuatan online shop ini antara lain:
a.
Harga
Dalam menentukan harga barang
atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan kantong
dari konsumennya.Akan tetapi ebby_shop ini tetap memperhatikan
kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar
sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir
soal harga. Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing
konsumen.
b.
Model
Anak-anak
muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu
berusaha mengikuti trend masa kini, dan model pakaian yang dijual di ebby_shop
ini biasanya mengkuti perkembangan trend masa kini. Dengan motif yang sedang
update seperti tribal owl hooundstooth.
c.
Pelayanan
Selain
harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha biutik adalah
pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak
pelanggan untuk kembali ke rumah makan Anda.
d.
Memberikan
potongan harga
Dengan
memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 3 pcs atau kepada konsumen yang sudah
lebih dari 5 kali membeli produk.
Karena
adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang
mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya
seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang
yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu
kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar–gambar dari dari
produk-produk yang ditawarkan di dalam online shop. Sehingga orang – orang atau
kontak yang tidak berada dalam makalah ini
pun tetap dapat melihat apa yang coba ditawarkan.
Kendala
yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan . Keterlambatan saat
produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.
5.1 Kesimpulan
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata
business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja
online (online shop) merupakan proses
pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet.
Tak perlu harus bertemu
penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara
fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi
internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan
nyaman.
Tetapi,
arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya,
serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat
gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak
sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka
takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah
melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara
mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
5.2 Saran
Dalam
berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang
ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja
prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena
emas ada satu jengkal lagi.
Upaya
pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan
masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan
mengurangi pengangguran di dalam negeri.
MAKALAH
BISNIS
ONLINE Ebby_Shop
Matakuliah
Pengantar
Ekonomi, Manajemen & Bisnis
Disusun
oleh
Isti
Komariah (1312503061)
Dosen
Drs.
Djati Kusdiarto, M.M
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA
TAHUN 2014/1015
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena
rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul. ”Bisnis Online
ebby_shop” Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Ekonomi Manajemen dan bisnis.
Meskipun
dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menemukan hambatan dan kesulitan,
tetapi karena motivasi dan dorongan dari berbagai pihak makalah ini dapat
terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa pada penulisan makalah
ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan
sumbang saran dan keritik dari semua pihak yang membaca makalah ini yang
sifatnya membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Harapan penulis semoga makalah ini bermanfaat
bagi semua pihak yang membacanya. Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih
kepada semua pihak atas dukungannya sehingga terwujudnya makalah ini.
Jakarta , 11 Juni 2015
Penulis
Di
zaman yang modern sekarang ini, Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita
lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan
semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur–fitur sosial media yang mudah
diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam
berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang
jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani
sehari- hari.
Dengan
tersedianya fasilitas–fasilitas sosial media yang semakin memudahkan kita tidak
hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal ini jelas menarik keinginan
para produsen atau afiliate (
perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang
usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini. Dengan hanya
bermodalkan smartphone yang kita
gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin
luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada
konsumen termasuk dalam interaksi jual beli.
Saat
ini ada satu tren yang sedang
mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online
shop. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa
kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali
‘klik’ saja.
Online Shop
terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang
besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan
Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan
kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin
mencoba mengaplikasikan apa yg telah dipelajari selama ini dengan menggabungkan
kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat
membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi masing–masing terlebih dahulu. dimana
internet sedang maju dengan pesat bahkan
sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
1.
Apakah
pengertian bisnis?
2.
Apakah
tujuan Bisnis?
3.
Apa
pengertian Online Shop?
4.
Apa
kelebihan dan kekurangan online shop?
1.3
Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk
mengetahui pengertian bisnis, tujuan bisnis, pengrtian online shop, kelebihan serta kekurangannya
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan
produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan,
tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan
yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat,
yaitu :
1.
Modal
(Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan
kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.
Bahan-bahan
(Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan
aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat.
3.
Sumber
Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan
kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.
Keterampilan
Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan
prosedur dan tata kerja manajemen
Menurut
Didit Agus Irwantoko, belanja online
(online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke
penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang
atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tidak perlu harus bertemu penjual dan pembeli
secara langsung, tidak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan
menghadap layar monitor komputer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat
melakukan transaksi jual-beli secara cepat dan nyaman.
Hasil
survei terakhir Desember 2011 menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survei yang dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen
dalam berbelanja melalui online
tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6
Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia-Pasifik—Thailand, Cina, Jepang,
Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia,
Singapura, India, Filipina juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku
berbelanja online terhadap 7.373
responden dari 14 negara
catatan: hasil survei dan
laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (Dunia UKM, 2012).
Di
Indonesia sendiri, belanja online
atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana.
Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual atau di beli. Media sosial ini merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin
mudah terjadi.
a.
Menentukan
Jenis Barang /Jasa yang akan kita jual
Langkah
pertama dalam memulai usaha online adalah
menentukan jenis barang atau jasa yang
akan kita jual. Jangan lupa untuk mempelajari tentang barang atau jasa yang
akan kita jual. Pelajari benefit dan
juga kekurangan jenis barang atau jasa
yang akan kita pasarkan.
b.
Melakukan
Survei Pasar
Untuk
memulai produk fashion
diperlukan adanya analisis pasar terlebih dahulu, selera konsumen yang
berubah-ubah dan berbeda memang dikatakan hampir tidak bisa kita samakan
dengan selera konsumen yang satu dengan yang lain. Namun strategi yang
bisa kita ambil ialah mengintip selera mana yang di dominasi oleh pasar saat
ini bisa jadi masukan untuk kita mengetahui apa selera konsumen.
Dalam
usaha online, survei usaha tidak perlu dilakukan dengan cara membagi – bagikan sample, namun cukup dengan cara
mengamati trend kesukaan serta minat
masyarakat atas barang / jasa yang akan kita jual. Bila perlu, amati permintaan
pasar selama beberapa bulan sebelum kita launching
usaha online kita.
Pastikan
anda bisa melihat trend pasar saat
ini, apa saja yag dibutuhkan oleh para konsumen saat ini, model apa saja yang
banyak dicari atau sedang booming di
pasaran saat ini. Sebaiknya kita harus jeli dan mengikuti trend pasar yang berubah-ubah setiap harinya.
c.
Pastikan
Ketersediaan Suplai Barang atau Jasa
Biasanya
konsumen merasa puas dengan ketersedian barang yang selalu ada. Pastikan anda
bisa menjadi salah satu situs online
shop terlengkap untuk memenuhi keutuhan para konsumen. Ini sangat penting
untuk diperhatikan. Bila kita memproduksi sendiri, kita harus bisa menghitung
berapa kapasitas produksi kita dalam suatu waktu tertentu. Bila ternyata kita
memperoleh barang dari supplier, kita
harus sudah mengetahui betul berapa kemampuan suplai supplier kita tersebut. Jangan sampai terjadi kekosongan stok dalam
waktu yang lama.
d.
Membuat
konsep Usaha
Dengan
membuat sebuah konsep usaha sebelum kita memulai usaha online, akan membuat langkah kita tidak banyak melenceng dari
konsep awal. Kita harus sudah memiliki konsep tentang layout toko online kita,
cara pemesanan, metode pembayaran, dll.
e.
Daya Beli Konsumen
Perhatikan juga daya beli konsumen, jangan
menjual produk terlalu mahal, kondisikan kemampuan ekonomi masyarakat
kita saat ini. Kebayakan konsumen menginginkan kualitas yang bagus dengan harga
yang murah, paling tidak kita bisa mengikuti daya beli konsumen terhadap produk
yang nantinya akan kita jual.
f.
Aktif
Melakukan Promosi
Karena
kita berkecimpung dalam usaha online,
maka langkah promosi yang harus kita lakukan juga dilakukan di dunia maya.
Lakukan promosi di situs jual beli terpercaya, rajin mengupdate isi facebook,twitter dan sebagainya adalah
langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mempromosikan usaha online kita.
1.
Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer
atau laptop yang terhubung ke internet,dan tidak terfokus pada waktu.Kerja bisa
santai,tidak seperti kerja di perkantoran yang melelahkan
2.
Modal yang dibutuhkan relatif lebih
sedikit
3.
Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan
software tertentu
4.
Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
5.
Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.
1. Koneksi
Internet yang mahal
2. Kurva
pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih
kesuksesan bisnis online.
3. Awal-awal
tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak
waktu bersama keluarga.
4. Kuper is not cool.
Jangan lupa terapkan ilmu anti kuper dan anti mati gaya.
5. Terlalu
banyak pilihan bisa membuat kita bingung untuk memilih yang mana.
6. Sulitnya
membangun kepercayaan dengan customer.
Saat
ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop
fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar-besaran, komentar positif yang
tertera pada toko online tersebut,
belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi
bagi kita yang masih ragu dengan belanja online
(online shop) ini.
Berikut
tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :
1. Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko
tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut
fiktif atau tidak.
2.
Tanyakan
apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi
COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
3.
Bila
lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan
menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan
rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4. Coba cari nomer telepon yang tertera di toko
tersebut di Google. Biasanya dengan
begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah
ditipu.
0 Komentar