Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya darinektar bunga Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.
Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.
Madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.
Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Kandungan nutrisi

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%),sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral.Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.
Analisa madu secara umum:
Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air).


Khasiat Madu untuk Kesehatan Tubuh Kita




1. Khasiat madu untuk masuk angin
Untuk menjaga tubuh kita agar terhindara dari berbagai macam penyakit , seperti masuk angin . Kita bisa mimum madu secara rutin untuk menjaga tubuh agar erhindar dari masuk angin . Kalau saya sendiri minum madu minim 3 sendok sehari , makin banyak makin bagus .

2. khasiat madu untuk batuk
Nah sering kali kita batuk dan minum banyak obat , tapi batuk tak kunjung sembuh , nah untuk mengobati penyakit yang satu ini sangat mudah . Hanya dengan minum madu di campur dengan jeruk nipis akan mempercepat penyembuhan batuk . Lakukan pagi dan sore hari .

3. Khasiat madu untuk kekebalan tubuh
dengan  rajin minum madu maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit dalam artian , Madu berperan untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita . Madu juga bisa sebagai penghangat tubuh saat kondisi cuaca dingin .

4. Khasiat madu sebagai pengkap vitamin
Nah di dalam vitamin banyak terkandung vitamin - vitamin yang di butuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme tubuh kita . manfaat vitamin sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita .

 

Kelebihan dari khasiat madu di atas


Jika kita rajin mengkonsusmsi madu secara teratur , selain untuk menjaga kesehatan , kekebalan tubuh , ternyata madu juga sangat membantuk mengobati luka - luka dalam . Jadi khasiat madu ini sangat di butuhkan tubuh kita untuk membantu proses metabolisme karena d dalam madu tersebut terkandung banyak vitamin yang bermanfaat . Jadi kesimpulannya adalah bahwa madu memang obat segala penyakit , silahkan di coba dan rasakan khasiat madu tersebut



sumber :http://idesehatku.blogspot.com/2012/07/khasiat-madu-dan-manfaatnya-untuk.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Madu