About

header ads

PENGANTAR EKONOMI, MANAJEMEN DAN BISNIS "MAKALAH"

MAKALAH
BISNIS ONLINE Ebby_Shop  

Matakuliah
Pengantar Ekonomi, Manajemen & Bisnis

Disusun oleh
Isti Komariah (1312503061)

Dosen
Drs. Djati Kusdiarto, M.M


FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA
TAHUN 2014/1015







Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul. ”Bisnis Online ebby_shopAdapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Ekonomi Manajemen dan bisnis.
Meskipun dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menemukan hambatan dan kesulitan, tetapi karena motivasi dan dorongan dari berbagai pihak makalah ini dapat terselesaikan.

Penulis menyadari bahwa pada penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan sumbang saran dan keritik dari semua pihak yang membaca makalah ini yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Harapan penulis semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya. Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga terwujudnya makalah ini.                                          


Jakarta , 11 Juni 2015


                                                                          Penulis




















Di zaman yang modern sekarang ini, Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur–fitur sosial media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari- hari.
Dengan tersedianya fasilitas–fasilitas sosial media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual beli.
Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar., foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah dipelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi  masing–masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat  bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.


1.      Apakah pengertian bisnis?
2.      Apakah tujuan Bisnis?
3.      Apa pengertian Online Shop?
4.      Apa kelebihan dan kekurangan online shop?

1.3                   Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengertian bisnis, tujuan bisnis, pengrtian online shop, kelebihan serta kekurangannya




Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.

            Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1.      Modal (Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.      Bahan-bahan (Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.      Sumber Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.      Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen

Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tidak perlu harus bertemu penjual dan pembeli secara langsung, tidak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor komputer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual-beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survei terakhir Desember 2011 menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Survei yang dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia-Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara 
catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (Dunia UKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual atau di beli. Media sosial ini merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.


a.       Menentukan Jenis Barang /Jasa yang akan kita jual
Langkah pertama dalam memulai usaha online adalah menentukan jenis barang  atau jasa yang akan kita jual. Jangan lupa untuk mempelajari tentang barang atau jasa yang akan kita jual. Pelajari benefit dan juga kekurangan jenis barang  atau jasa yang akan kita pasarkan.

b.      Melakukan Survei Pasar
Untuk memulai produk fashion  diperlukan adanya analisis pasar terlebih dahulu, selera konsumen yang berubah-ubah dan berbeda memang dikatakan hampir tidak bisa kita samakan dengan  selera konsumen yang satu dengan yang lain. Namun strategi yang bisa kita ambil ialah mengintip selera mana yang di dominasi oleh pasar saat ini bisa jadi masukan untuk kita mengetahui apa selera konsumen.
Dalam usaha online, survei usaha tidak perlu dilakukan dengan cara membagi – bagikan sample, namun cukup dengan cara mengamati trend kesukaan serta minat masyarakat atas barang / jasa yang akan kita jual. Bila perlu, amati permintaan pasar selama beberapa bulan sebelum kita launching usaha online kita.
Pastikan anda bisa melihat trend pasar saat ini, apa saja yag dibutuhkan oleh para konsumen saat ini, model apa saja yang banyak dicari atau sedang booming di pasaran saat ini. Sebaiknya kita harus jeli dan mengikuti trend pasar yang berubah-ubah setiap harinya.

c.       Pastikan Ketersediaan Suplai Barang atau Jasa
Biasanya konsumen merasa puas dengan ketersedian barang yang selalu ada. Pastikan anda bisa menjadi  salah satu situs online shop terlengkap untuk memenuhi keutuhan para konsumen. Ini sangat penting untuk diperhatikan. Bila kita memproduksi sendiri, kita harus bisa menghitung berapa kapasitas produksi kita dalam suatu waktu tertentu. Bila ternyata kita memperoleh barang dari supplier, kita harus sudah mengetahui betul berapa kemampuan suplai supplier kita tersebut. Jangan sampai terjadi kekosongan stok dalam waktu yang lama.

d.      Membuat konsep Usaha
Dengan membuat sebuah konsep usaha sebelum kita memulai usaha online, akan membuat langkah kita tidak banyak melenceng dari konsep awal. Kita harus sudah memiliki konsep tentang layout toko online kita, cara pemesanan, metode pembayaran, dll.
  
e.       Daya Beli Konsumen
Perhatikan juga daya beli konsumen, jangan menjual produk  terlalu mahal, kondisikan kemampuan ekonomi masyarakat kita saat ini. Kebayakan konsumen menginginkan kualitas yang bagus dengan harga yang murah, paling tidak kita bisa mengikuti daya beli konsumen terhadap produk yang nantinya akan kita jual.

f.       Aktif Melakukan Promosi 
Karena kita berkecimpung dalam usaha online, maka langkah promosi yang harus kita lakukan juga dilakukan di dunia maya. Lakukan promosi di situs jual beli terpercaya, rajin mengupdate isi facebook,twitter dan sebagainya adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mempromosikan usaha online kita.





1.      Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet,dan tidak terfokus pada waktu.Kerja bisa santai,tidak seperti kerja di perkantoran yang melelahkan
2.      Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit
3.      Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu
4.      Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
5.      Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada.  

1.      Koneksi Internet yang mahal
2.      Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
3.      Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu bersama keluarga.
4.      Kuper is not cool. Jangan lupa terapkan ilmu anti kuper dan anti mati gaya.
5.      Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung untuk memilih yang mana.
6.      Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer.

Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar-besaran, komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini.

Berikut tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :  
1.   Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
2.   Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
3.   Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
4.   Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.



        Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.

Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut:
1.      Menentukan topik yang akan dibahas.
2.      Setelah itu penyusun merumuskan masalah.
3.      Mengumpulkan data, dengan cara browsing melalui internet dan observasi kepada pemilik usaha online shop.
Setelah tahap-tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah selanjutnya adalah menyusun makalah agar tujuan dan manfaat dapat dikomunikasikan



PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN


Hasil penelitian yang didapat adalah :
a.       Nama Usaha
Usaha yang telah dikembangkan diberi nama “ebby_shop” .

b.      Modal
Ebby_shop tidak menggunakan modal sama sekali, karena semua yang akan di gunakan dalam menjalankan usaha online ini adalah hal – hal atau barang-barang yang sudah digunakan untuk keperluan lain sebelumnya. Misalnya Blackberry Smartphone, Laptop atau Komputer, Modem atau koneksi jaringan internet, pulsa, account tabungan pada salah satu bank, dll.

c.       Rencana Lokasi Usaha
Dengan pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan oleh satu nama merk handpone yang memproduksi smartphone. Dalam kasus ini ialah Blackberry Smartphone. Pembuatan account pada sosial media lainnya seperti facebook, twitter, atau kita juga dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi semakin banyak atau melebihi batas maximum group pada Blackberry Smartphone.

d.      Target Pelanggan.
Target pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat dalam kontak blackberry messenger kita. Dan juga mereka pengguna internet yang tergabung dalam situs jejaring social lainnya.

e.       Jenis-jenis Produk
Jenis produk yang telah dijalani adalah :
1.      Penjualan pakaian
2.      Penjualan Pants
3.      Penjualan Bags
4.      Penjualan Jam
5.      Penjualan Garskin
6.      Penjualan Sunglasses
7.      Penjualan Accessories
8.      Dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
f.    Mulai Usaha
Dalam menjalankan usaha online shop ini tidak memerlukan waktu khusus dalam mengerjakannya. Karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanun tanpa menggangu perkuliahan ataupun aktivitas yang lain.

g.   Perangkat Keras dan Lunak
Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini adalah :
1.      Blackberry Smartphone.
2.      Laptop atau komputer ( jika diperlukan ).
3.      Koneksi internet.
4.      M-banking tau E-banking .

h.      Keuntungan atau Laba
Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinan ialah Rp. 15.000,00 – Rp. 1.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya barang yang terjual selama satu bulan tersebut.

Pembagian Hasil.
Kebanyakan dalam pembuaatan usaha online shop jenis ini ialah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak manapun dalam usaha online shop ini. Karena laba atau keuntungan yang didapat dari tiap barangnya hanya sedikit, umumnya maksimal pembuatan usaha online ini hanya 2 orang saja. Dengan begitu pembagian hasilnya dapat dilakukan pada akhir tahun atau sesuai dengan kesepakatan waktu pembagian hasil yang dilakukan diawal, prosentasenya yaitu sebesar 50% : 50%.

i.        Surat Perjanjian.
Dalam awal menjalankan usaha online shop ini biasanya perjanjian yang dibuat hanya berdasarkan lisan atau ucapan saja, tidak ada surat perjanjian dalam usaha online shop ini. Hal itu terjadi selama tidak ada anggota yang memberikan modal dalam bentuk apapun yang mengharuskan dibuatnya surat perjanjian untuk mendapatkan jaminan hukum.

j.        Strategi Pemasaran.
Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini antara lain :
1.      Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk melihat-lihat barang yang kita tawarkan.
2.      Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
3.      Memberikan discount atau potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.
4.      Memberikan discount khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
5.      Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
6.      Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.

k.      Konsep Pemasaran
            Ebby_shop ini menerapkan Konsep Pemasaran “Berwawasan Menjual” dengan menggunakan sistem payment yang artinya “ada uang ada barang” Kami beranggapan bahwa, kami akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan kami tidak akan membeli produk kami dalam jumlah cukup banyak sehingga kami harus melakukan strategi penjualan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.

l.        Rencana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang.
1.      Rencana Jangka Pendek.
Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang.
2.      Rencana Jangka Menengah.
Mengadakan diskon atau potongan harga.
Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat menaikkan pasar.
3.      Rencana Jangka Panjang
Pembanguan Butik

Keunggulan dari pembuatan online shop ini antara lain:
a.       Harga
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya.Akan tetapi ebby_shop ini tetap memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli. Konsumen tidak perlu khawatir soal harga. Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen.



b.       Model
Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti trend masa kini, dan model pakaian yang dijual di ebby_shop ini biasanya mengkuti perkembangan trend masa kini. Dengan motif yang sedang update seperti tribal owl hooundstooth.

c.        Pelayanan
Selain harga dan kualitas, hal lain yang cukup penting dalam usaha biutik adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dengan senyuman di bibir akan menarik banyak pelanggan untuk kembali ke rumah makan Anda.

d.      Memberikan potongan harga
Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau  dapat juga free ongkir untuk pembelian diatas 3 pcs atau kepada konsumen yang sudah lebih dari 5 kali membeli produk.

Karena adanya keterbatasan sistem dalam perangkat blackberry messenger yang mengakibatkan tidak meresponnya perangkat dikarenakan terlalu banyaknya seseorang berada dalam suatu group, sehingga ada beberapa kontak atau orang yang menolak untuk ikut masuk menjadi anggota dalam group ini. Maka dari itu kami menjadikan profil picture kami untuk menampilkan gambar–gambar dari dari produk-produk yang ditawarkan di dalam  online shop. Sehingga orang – orang atau kontak yang tidak berada dalam  makalah ini pun tetap dapat melihat apa yang coba ditawarkan.

Kendala yang sering dihadapi ialah saat pendistribusian pemesanan . Keterlambatan saat produk diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin.






5.1      Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.

5.2      Saran
Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.
Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.





Posting Komentar

0 Komentar