Pengertian Globalisasi

Globalisasi adalah suatu proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia,produk,pemikiran, pengetahuan dan aspek-aspek kebudayaan.
Kemajuan infrakstruktur transformasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan internet merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktivitas ekonomi dan budaya.
artinya kita harus siap untuk bersaing bebas tanpa batas.
seperti halnya  pengusaha-pengusaha bebas memperjual belikan produk-produk mereka dinegara lain tanpa batas.
begitupun dinegara Indonesia,pemerintah saat ini sedang berupaya mensejahterakan pengusaha Kecil Menegah agar mereka bisa bersaing seperti yang lain.

persaingan-persaingan negara modern saat ini mulai bermunculan. Dimana Negara-negara lain berlomba-lomba dalam hal kemajuan infrakstruktur dan memamerkan berbagai hal yang berbau dengan teknologi yang sangat canggih, serta pariwisata untuk menambahkan nilai devisa di suatu negara tersebut.

banyak dampak baik maupun dampak buruk yang telah terjadi

Berikut adalah dampak dari Globalisasi
1. Dampak Negatif
    a. dengan mudahnya budaya dan  nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat

   b. menurunnya nilai-nilai budaya indonesia yang dianut sejak dulu oleh nenek moyang kita contohnya: gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu atau  darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.

   c.Barang- barang yang tidak memiliki izin dengan mudahnya masuk ke Indonesia.

   d. Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar, Akibatnya kondisi industri dalam negeri sulit berkembang.

    e.Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.
    f.  Banyaknya barang-barang elektronik seperti handphone yang memudahkan manusia akan tetapi masyarakat saat ini kurangnya komunikasi dengan masyarakat lain. sehingga mereka lebih mementingkan diri mereka sendiri.

    g.Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama. padahal nilai-nilai agama sangatlah penting agar kita sebagai manusia bisa membatasi hal-hal buruk yang akan terjadi.

     h.Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya.

     i. Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara

2. Dampak Positif Globalisasi :
a.  Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.

b. Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.

c.Tingkat Kehidupan yang lebih Baik.

d. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik.

e. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri.

f. Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan kehidupan manusia.

g. Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi).

h. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

i. Berkembangnya turisme dan pariwisata menambah devisa negara.

j. Meningkatkan pembangunan negara.

itulah sebagian kecil dari dampak Globalisasi .
semoga kita bisa menjadi orang yang bijaksana dalam memilih dan memilah serta dapat bersaing secara sehat dalam berbagai hal . semoga kita bisa memanfaatkan glonalisasi ini dengan hal-hal posistif.